Pengisian aplikasi PMPRB online tahun 2017 telah dibuka.

Bantuan


Tentang PMPRB

Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi merupakan instrumen penilaian kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi yang dilakukan secara mandiri (self assessement) oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi mencakup penilaian terhadap dua komponen: Pengungkit (Enablers) dan Hasil(Results). Pengungkit adalah seluruh upaya yang dilakukan oleh instansi pemerintah dalam menjalankan fungsinya, sedangkan Hasil adalah kinerja yang diperoleh dari komponen pengungkit. Hubungan sebab-akibat antara Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil dapat mewujudkan proses perbaikan bagi instansi melalui inovasi dan pembelajaran, di mana proses perbaikan ini akan meningkatkan kinerja instansi pemerintah secara berkelanjutan. Komponen Pengungkit sangat menentukan keberhasilan tugas instansi, sedangkan Komponen Hasil berhubungan dengan kepuasan para pemangku kepentingan.

Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dilaksanakan dengan tujuan:

  1. memudahkan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam menyediakan informasi mengenai perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi dan upaya-upaya perbaikan yang perlu dilakukan oleh kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang bersangkutan;
  2. menyediakan data/informasi bagi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam rangka menyusun profil nasional pelaksanaan reformasi birokrasi.

Alur Proses PMPRB


*Klik pada gambar untuk memperbesar.

Penjelasan singkat :

  1. Inspektur/Inspektur Jenderal dan Setjen/Sesmen/Sestama/Sekda disetiap instansi akan diberikan ID Pengguna dengan kata sandi untuk masuk kedalam aplikasi PMPRB.
  2. Setelah masuk aplikasi, diharapkan untuk memperbarui data identitas sebelum melakukan penilaian.
  3. Inspektur / Inspektur Jenderal bertugas untuk melakukan penilaian PMPRB dan mengisinya pada halaman penilaian di aplikasi. Setelah penilaian telah dilakukan, Inspektur / Inspektur Jenderal harus mengirimkan penilaian tersebut ke Setjen/Sesmen/Sestama/Sekda dengan memilih tombol "Kirim Penilaian" di daftar penilaian.
  4. Setjen/Sesmen/Sestama/Sekda bertugas untuk memeriksa hasil penilaian yang telah dikirim Inspektur/Inspektur Jenderal sebelum dikirim ke Kementerian PANRB, jika penilaian masih kurang sesuai dapat dikirim kembali ke Inspektur/Inspektur Jenderal untuk diperbaiki kembali.
  5. Setiap penilaian yang telah dikirim oleh Setjen/Sesmen/Sestama/Sekda ke Kementerian PANRB akan segera diperiksa dan dievaluasi oleh tim evaluator.
  6. Selesai.

Petunjuk Penggunaan Aplikasi

Berikut adalah langkah-langkah penggunaan aplikasi PMPRB :

1. Masuk aplikasi :
 
Untuk memasuki aplikasi PMPRB, gunakan ID pengguna dan kata Sandi yang didapatkan dari Admin MENPAN RB.


Setelah melalui proses login aplikasi, anda akan melihat informasi singkat hasil evaluasi PMPRB. Jika belum melakukan pengisian evaluasi, anda bisa melakukan pengisian evaluasi dengan mengklik menu "PENILAIAN" disamping kiri atau tombol "INPUT EVALUASI" dibagian bawah informasi hasil evaluasi PMPRB.
  2. Halaman beranda aplikasi PMPRB

3. Menu Penilaian
 


Pada halaman penilaian, akan muncul dua tombol yang terdiri diri: "INPUT PENILAIAN" untuk mengisi penilaian Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, dan tombol "Lihat Nilai PMPRB" untuk melihat hasil penginputan dari penilaian yang telah diinput sebelumnya.

Pada saat memilih menu "INPUT PENILAIAN", akan muncul dua menu untuk pemilihan katagori penilaian, yaitu "Proses" dan "Hasil".



Setelah membuka halaman yang berisi pertanyaan untuk Penilaian Proses. Anda akan menemui beberapa tombol untuk 8 Area Penilaian. Anda diharuskan untuk menjawab pertanyaan disetiap area dengan memilih jawaban kemudian mengisi form pendukung dengan diakhiri mengklik tombol "SIMPAN" dibagian bawah setiap area.
  4. Penilaian Proses

5. Penilaian Hasil
 
Sama seperti pada tampilan halaman Penilaian Proses. Halaman ini berisi 3 Area pertanyaan untuk Penilaian Hasil. Setiap pertanyaan wajib diisi dengan mengklik tombol simpan.


Setelah mengisi penilaian evaluasi PMPRB, akan muncul preview penilaian dengan nilainya yang telah anda inputkan sebelumnya. Pada opsi penilaian, terdapat 4 menu :

  • Penilaian Lengkap, untuk melihat detail pengisian evaluasi PMPRB.
  • Penilaian Komponen, untuk melihat hasil pengisian evaluasi PMPRB yang dilengkapi dengan grafik
  • Input/Perbaiki, untuk mengubah jawaban pengisian evaluasi PMPRB.
  • Kirim Penilaian, untuk mengirim hasil pengisian evaluasi PMPRB ke Setjen/Sesmen/Sestama/Sekda untuk ditindak-lanjuti.
  6. Daftar Penilaian

7. Penilaian Lengkap
 


Seluruh hasil pengisian PMPRB ditampilkan dalam bentuk tabel lengkap beserta soal dan jawaban yang telah diisi.



Hasil pengisian PMPRB ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik diagram.
  8. Penilaian Komponen

Kontak Kami

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan
Email : pmprb@menpan.go.id
No. Telp : 0812 8009 5555
Website : http://www.menpan.go.id/